Rabu, 19 Maret 2008

Yuk, Berhemat Pulsa Telepon

Tak sedikit juga pengguna ponsel yang mengeluh karena harus mengeluarkan uang yang cukup banyak demi mendapatkan pulsa telepon.

Sebuah grup riset telekomunikasi PhoneChoice, seperti dilansir smh.com.au, memperkirakan sekitar 60 persen pengguna ponsel ternyata membayar tagihan telepon 30 persen lebih banyak dari yang seharusnya.

Bagi yang doyan berhalo-halo ria lewat ponsel tapi tak ingin boros, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan seperti seberapa sering Anda menelepon, lama durasi telepon, waktu melakukan panggilan, jarak, tarif SMS, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa tips yang diramu detikINET perihal menghemat pemakaian pulsa, terlepas dari seberapa banyak uang atau gaji Anda.

1. Beralih ke kartu prabayar.
Bagi yang menggunakan kartu pascabayar dan merasa tak bisa mengontrol pemakaian pulsa, penggunaan kartu prabayar bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah tagihan telepon.

Umumnya dengan kartu pascabayar, Anda bebas memakai pulsa kapanpun Anda mau. Namun seringkali sang pengguna tidak menyadari bahwa pulsa yang dipakainya kian membengkak, yang tentu saja berujung ke mahalnya tagihan telepon. Alternatif lain bisa melalui paket pemakaian pulsa. Anda bisa menghubungi operator pascabayar Anda dan meminta paket pemakaian pulsa tertentu, misalnya hanya Rp 200.000 perbulan.

2. Manfaatkan SMS
Jika tak tergesa-gesa banget, tak ada salahnya Anda menggerak-gerakkan jari Anda di keypad ponsel untuk menyampaikan pesan ke kolega atau teman Anda. Cara seperti ini akan membantu Anda berhemat pulsa dan tentu saja uang.

3. Telepon dengan menggunakan operator yang sama.
Umumnya menelepon ke operator yang sama akan lebih murah ketimbang lintas operator. Alternatif seperti ini bisa Anda terapkan untuk menghemat pemakaian pulsa. Cara lainnya, saat ini beberapa operator sudah ada yang memberlakukan tarif flat ke semua operator telekomunikasi, dimana tarif panggilan ke semua operator dihitung sama, tanpa melihat jarak dan waktu melakukan panggilan.

4. Matikan voicemail.
Seringkali saat kita menelepon ke teman tapi kita disambut oleh layanan voicemail. Pulsa jadi terpotong akibatnya. Coba matikan fitur voicemail Anda dan minta teman Anda juga menonaktifkannya, demi menghindari terpotongnya pulsa.

5. Coba buat daftar tarif SMS dan panggilan setiap operator. Melalui cara ini, Anda bisa menentukan pilihan kartu mana saja yang menawarkan tarif pulsa dengan harga miring.

6. Manfaatkan tarif hemat.
Saat ini banyak operator yang menawarkan tarif hemat malam hari dengan harga supermurah dan sejenisnya. Kenapa tidak manfaatkan saja layanan seperti itu untuk menghemat pulsa Anda?

7. Alternatif CDMA
Tak jarang saat ini banyak konsumen yang memiliki dua ponsel, satu yang berjalan pada teknologi GSM dan yang satu lagi di CDMA. Ponsel berbasiskan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) kian diminati banyak konsumen. Namun jelas, GSM masih menguasai pasar dilihat dari sisi pelanggan.

Dilihat dari sisi tarif, tarif menelepon dengan ponsel berbasis CDMA lebih murah ketimbang ponsel berbasis GSM (Global System for Mobile Communications). Hal ini memungkinkan konsumen berkomunikasi menggunakan ponsel dengan tarif lokal ala telepon rumah

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP