Rabu, 19 Maret 2008

Ledakan Baterai Laptop LG Diselimuti Misteri

Seoul - Penyebab meledaknya laptop LG di Korea Selatan beberapa saat yang lalu jadi misteri yang belum terpecahkan. Laptop milik seorang wartawan itu meledak tiba-tiba dalam keadaan sleep mode. Ledakan ini kemudian dinyatakan berasal dari baterai laptop tersebut.

Penyelidik dari lembaga pemerintah, The Korea Electrotechnology Research Institute, menyatakan bahwa baterai meledak dalam sebuah keadaan panas dan tekanan yang tidak biasa. Namun, para peneliti ini tidak bisa memastikan penyebab situasi tersebut. Jika dalam keadaan normal, baterai tersebut dinyatakan aman digunakan.

Eom Seung-wook, salah satu penelitinya, telah mengujicoba model baterai yang sama dan dinyatakan memenuhi standar keamanan. Namun, Eom menambahkan bahwa karena begitu banyaknya baterai yang beredar, memang tidak semuanya bisa terjamin keamanannya.

Setelah mengamati hasil penyelidikan tersebut, pihak LG menyatakan mereka tidak berencana melakukan penarikan baterai. Seperti dikutip detikINET dari KoreaTimes, Jumat (15/2/2008), alasannya adalah karena berdasarkan analisis di atas, ledakan terjadi karena laptop dipakai dalam situasi yang tak semestinya.

LG menambahkan bahwa mereka akan melakukan tindakan yang perlu untuk meningkatkan keamanan laptop. Adapun sang wartawan sendiri telah mendapatkan ganti rugi sebuah laptop LG baru sebagai ganti laptopnya yang meledak.

Kasus ledakan baterai laptop memang pernah begitu menghebohkan. Di tahun 2006, pernah dilakukan penarikan sekitar 10 juta unit baterai Sony karena insiden ledakan baterai laptop semacam ini.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP