Rabu, 19 Maret 2008

Bill Gates Batasi Anaknya

Ottawa - Menjadi anak miliuner dan bos perusahaan software terbesar di dunia tidak menjamin waktu sepuasnya di depan komputer. Untuk game, bahkan Bill Gates pun memberi batasan pada anak-anaknya.

Pada sebuah pertemuan bisnis di Ottawa, Kanada, pendiri Microsoft mengatakan anak perempuannya yang berusia 10 tahun bukanlah seorang penggemar Internet dan komputer hingga tahun ini. Tahun ini sang gadis mulai 'kecanduan' komputer setelah di sekolahnya komputer tablet dimanfaatkan untuk melakukan hampir semua hal.

"Dia menjadi keasyikan dan menemukan begitu banyak game komputer, termasuk salah satu yang dijalankan pada konsol XBox 360, bernama Viva Pinata, sebuah game merawat kebun," ujar Gates di depan hadirin.

"Dia bisa menghabiskan 2 atau 3 jam sehari hanya untuk Viva Pinata karena memang menyenangkan," tambahnya seperti dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (22/2/2007).

Kemudian Gates dan istrinya, Melinda, memutuskan untuk memberi batas waktu 45 menit sehari untuk bermain game pada putrinya tersebut. Kecuali saat akhir pekan putrinya diberi jatah 1 jam untuk bermain game. Waktu lainnya di depan komputer bagi sang putri adalah untuk mengerjakan tugas rumah.

Gates bisa melakukan itu berkat sebuah fitur di Windows Vista, sistem operasi terbaru dari Microsoft. Vista juga bisa digunakan untuk mengontrol situs yang dikunjungi anak mereka, dan juga menyimpan log yang berisi daftar situs yang pernah dikunjungi. Tak hanya itu, orang tua dapat melihat siapa saja yang dikirimi pesan oleh anak mereka dari fasilitas Instant Messaging.

"Hingga usia tertentu, orang tua sudah sepantasnya punya gambaran tentang apa yang dilakukan anak mereka dan juga tentunya untuk membicarakan soal itu," ujar Gates. "Anak lelaki saya bertanya 'Akankah saya diberi batasan seperti ini sepanjang hidup saya?', dan saya berkata 'Tidak, saat kamu tidak tinggal di sini lagi, kamu bisa menetapkan batasmu sendiri'," tambah Gates yang membuat peserta acara itu terbahak

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP